Senin, Maret 07, 2011

MAKANAN BERGIZI SEIMBANG


Sampai kapanpun, kesehatan akan menjadi kebutuhan primer manusia. Tak ada seorangpun yang mau untuk menggantikannya dengan yang lain. Dengan tubuh yang sehat anda akan merasa nyaman dalam melakukan rutinitas sehari-hari anda. Faktor yang paling dominan menentukan kesehatan anda yaitu makanan yang bergizi seimbang, olahraga seimbang dan istirahat yang cukup serta pola hidup bersih anda.

Saat ini banyak sekail orang-orang yang mulai mengabaikan makanan yang ia konsumsi, maka tak mengherankan gizi yang dibutuhkan tak tercukupi secara merata. Makanan bergizi seimbang merupakan makanan mengandunmg zat tenaga (karbohidrat dan lemak), zat pembangun (protein), dan zat pengatur sesuai (vitamin dan mineral)dengan kebutuhan tubuh. 
Zat tenaga berasal dari karbohidrat dan lemak. Sumber karbohidrat: beras, sagu, jagung, ubi, singkong, roti, sukun, gula murni, dan padanannya.
Zat pembangun dari protein. Sumber protein hewani: daging, ikan, ayam, hati, telur, susu, dan hasil olahannya. Sumber protein nabati: tempe, tahu, kacang-kacangan dan padanannya.
Zat pengatur dari vitamin dan mineral. Sumber vitamin dan mineral banyak pada sayuran dan buah-buahan.

Sembarang dalam mengkonsumsi makanan  akan menyebabkan gizi kurang dan gizi buruk, dan gizi lebih. Gizi lebih merupakan suatu hal yang sering terjadi pada orang yang berisiko yaitu pada orang yang tidak hidup sehat. Gizi lebih adalah konsumsi makanan melebihi dari yang dibutuhkan. Terutama lemak dan makanan dari gula murni. Gizi lebih dapat berakibat pada kegemukan (obesitas).
Untuk itu, bagi yang mempunyai faktor berisiko, segera kurangi jenis makanan yang:
  • Mengandung banyak lemak jenuh dan garam seperti keripik singkong, keripik kentang, pop corn, dan lain-lain
  • Berbahan dasar minyak dan lemak seperti mentega, minyak goreng, dan lain-lain
  • Berbahan dasar gula seperti sirup, slei, dan lain-lain
  • Minuman yang kurang sehat seperti kopi, teh, alkohol, dan soft drink. []

Tidak ada komentar:

Posting Komentar