Senin, Maret 07, 2011

MENGOBATI DIARE SECARA HERBAL

Diare merupakan keadaan dimana usus besar terlalu banyak mensekresi air sehingga feses menjadi cair. Keadaan ini bisa diobati secara alami atau secara herbal. Bagaimanapun juga sesuatu yang alami selalu memberikan yang labih baik daripada yang buatan atau sintesis. 


Langkah pertama dalam menangani diare secara herbal adalah banyak minum air putih. Karena pada saat diare, anda banyak mengeluarkan cairan tubuh dan itu harus segera diganti. Jika tidak, maka anda akan merasa lemas, pusing, dan suhu tunuh meningkat.  Ingat 70% tubuh anda adalah material cair.
Langkah kedua adalah meminum larutan oralit atau larutan gula garam (LGG). Anda dapat membuat sendiri LGG. Yang anda harus persiapkan adalah gelas, sendok, air hangat, gula pasir dan garam. Tuangkan gula pasir 1 sendok, dan garam satu sendok teh kedalam gelas. Sedu dengan air hangat kemudian aduk hingga gula dan garam benar-benar terlarut seluruhnya. Minum selagi masih hangat. Anda dapat melakukannya 3 kali sehari di waktu pagi, siang dan malam.

Langkah yang ketiga adalah memakan daun jambu biji muda. Hail ini dilakukan karena dapat mengurang usus besar dalam  mensekresi air pada fases. Petik daun jambu biji muda sebanyak lima helai, cuci bersih kemudian makanlah. Mungkin anda akan merasakan asam dan pahit yang luar biasa. Tetapi anda tak perlu khawatir karena itu takan meracuni tubuh anda. 

Langkah ke empat perbanyaklah istirahat. Denga istirahat anda akan menjadi lebih baik. Selain itu anda juga bisa mengoleskan minyak angin didaerah sekitar perut anda untuk mengurangi rasa sakit yang anda raskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar