Senin, Maret 07, 2011

OLAH RAGA CEGAH OSTEOPOROSIS

Dijaman yang serba high-tech ini, manusia semakin dimudahkan kegiatannya dengan alat-alat berteknologi mutakhir. Seperti pergi kesuatu tempat dengan mobil, naik lift, makanan siap saji, dan yang lainnya. Dengan aktivitas yang serba ringan seperti itu, tubuh sedikit mengeluarkan keringat, tulang dan otot tidak bekerja semestinya karena terlalu dimanja.Tanpa disadari rutinitas yang demikin akan membuuat tubuh seseorang lebih mudah terkena serangan osteoporosis atau tulang keropos.

Biasanya gejala osteoporosis timbul pada wanita yang berusia diantara 51-75 tahun, tetapi bisa mulai muncul lebih cepat ataupun lebih lambat. Tetapi itu tidak mengartikan bahwa orang yang masih muda tidak bisa terkena osteoporosis. Bila seseorang kurang olahraga dalam masa mudanya, maka ia akan lebih beresiko untuk terkena osteoporosis. Namun itu juga tidak menandakan bahwa orang yang masa mudanya teratur berolahraga, masa tuanya akan jauh  dari osteoporosis. Baik masa muda maupun tua, olah raga harus selalu rutin untuk dilaksanakan. Karena olahraga bukan lah seperti imunisasi yang hanya dilakukuan beberapa kali saja selama hidup.

Olahraga yang paling sederhana untuk mencegah osteoporosis adalah jalan kaki. Walaupun terlihat sepele, orang yang rutin jalan kaki akan lebih kecil terkena resiko osteoporosis.

Selain itu, lari pagi juga juga akan mencegah anda terkena resiko osteoporosis. Disamping olahraga yang murah, lari pagi memiliki manfaat yang sangat besar. Dengan lari pagi, zat sisa tubuh yang bersifat toksik seperti urin akan segera terekskresi melalui keringat. Lari pagi juga baik untuk pernapasan. Hal itu disebabkan karena udara yang masuk ketubuh dalam keadaan bebas polusi, sehingga kadar oksigen yang masuk juga lebih banyak dan akan berimplikasi pada sistem metabolisme yang maksimal.

Olahraga yang lain juga tak kalah pentingnya dalam mencegah osteoporosis. Asalkan olahraga dilakukan secara tepat, teratur, dan tidak beresiko membahayakan keselamatan jiwa anda.

Mengkonsumsi susu berkalsium dan makanan yang kaya akan vitamin D,juga dianjurkan para dokter untuk mencegah osteoporosis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar