Selasa, Maret 08, 2011

MENGENAL GAYA BELAJAR


Gaya belajar merupakan karakteristik dan prefensi atau pilhan individu mengenai cara mengumpulkan informasi,  ,enafsirkan mengoorgaigasasi, merespon, dan memikirkan informasi tersebut. Atau dengan kata lain gaya belajar merupakan cara seseorang yang paling disenangi dalam belajarnya.

Mengnali gaya belajar bagi seorang pelajar addalah menjadi hal yang sangat vital. Karena dengan mengenali gaya belajarnya sendiri akan memudahkan dirinya dalam meraih prestasi akademik. Pengenalan gaya belajar akan melahirkan orang – orang yang lebih efektif untuk bekajar dengan kelompok, sendiri dikamar, diskusi, dam lain sebagainya.


Sampai sejauh ini gaya belajr dikelompokan menjadi 3:
Satu
Gaya Belajar Visual, yaitu gaya belajar yang lebih mengutamakan indra penglihatan untuk menangkap infrmasi. Orang yang memiliki gaya belajar seperti ini lebih suka memebaca daripada mendengarkan.

Dua
Gaya Belajar Auditorial, yaitu gaya belajar yang lebih banyak menggunakan indra pendengaran dalam menangkap informasi yang ia terima. Orang denga gaya belajar seprti ini lebih suka mendengarkan daripada disusruh membaca sendiri pelajaran

Tiga
Gaya Belajar Kinestetik yaitu gaya belajar yang lebih mengutamakan praktik langsung atas apa yang sedang ia pelajari.. orang dengan gaya belajar seperti ini lebih suka dibiarkan untuk mengerjakan sendiri atau praktik langsung.

Disadur dari “SUKSES DI PERGURUAN TINGGI” karya CTSD UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar